Artikel ini adalah tulisan pribadi yang sengaja dibuat untuk mengarsipkan secara singkat tentang salah satu kegiatan acara forum mahasiswa Se-Kalbar.

Seperti yang sudah tertera pada judul artikel ini, saya akan membahas sekilas tentang acara makrab kalbar 2016 di yogyakarta.

Tujuan pembuatan artikel ini adalah sebagai bentuk kenang-kenangan dari acara makrab kalbar 2016 agar tidak terlupakan dan sebagai pengalaman menarik untuk dibaca di masa depan. Semoga artikel ini dapat berguna paling tidaknya sebagai referensi tambahan akan acara makrab. Selamat membaca!

Makrab adalah singkatan dari malam keakraban. Lantas apa itu makrab? pengertian makrab pada awalnya hanya ada dalam ruang lingkup universitas/perguruan tinggi yaitu bentuk dari sebuah acara yang diselenggarakan oleh mahasiswa untuk mendekatkan dan mengakrabkan mahasiswa baru (maba) dengan mahasiswa lama (senior).

Namun seiring berkembangnya kepopuleran acara markrab di kalangan mahasiswa, pengertian makrab secara umum adalah sebagai acara yang membentuk kreadibilitas, kreativitas, pengembangan karakter, ajang bertukar pikiran atau bertukar informasi, ilmu, pengalaman, sehingga membentuk hubungan sosial dan keakraban antara peserta dan panitia (pihak penyelenggara) makrab.

Tujuan acara ini baik atau tidaknya tergantung dari panitia dan peserta. Saya sendiri menilai acara ini baik dan sangat bermanfaat karena sesuai dengan namanya yaitu malam keakraban, dimana junior bisa berkenalan dengan junior lain, maupun junior dan seniornya.

Dengan adanya acara ini diharapkan jarak kesenjangan antara junior dan senior akan berkurang atau bahkan terhapuskan lalu membentuk suatu dinamika positif serta relasi sosial yang dinamakan keakraban.

Sebagai seorang mahasiswa yang penuh dengan aktivitas seperti tugas dari dosen kampus/universitas ataupun kegiatan mahasiswa lainnya, sudah sewajarnya jika fokus berdedikasi kepada pembelajarannya. Namun mahasiswa zaman orde baru lebih cenderung individualis, ini adalah salah satu kutipan artikel yang di tulis oleh Fornestor Mindau di website pontianak post, beliau adalah ketua Sekretariat Bersama Pelajar Mahasiswa Kalimantan Barat J.C. Oevaang Oeray (Sekber Kalbar JCOO).

Mengapa mahasiswa bisa menjadi seorang yang individualis? Mungkin jawaban yang paling tepat adalah karena faktor perkembangan teknologi. "Kebanyakan" mahasiswa terkadang lebih memilih menikmati teknologi ketimbang kehidupan sosial.

Dengan merespon kondisi yang demikian, mahasiswa Kalbar yang tergabung dalam Sekretariat Bersama Pelajar Mahasiswa Kalimantan Barat Johanes Chrisostomus Oevaang Oeray (Sekber JCOO) menyelenggarakan Malam Keakraban Kalimantan Barat yang dilaksanakan pada 23-24 April 2016 di Wisma Kaliurang Yogyakarta dengan tema "Kemarin boleh tak kenal, hari ini kita bersama, esok bahagia". Nah, disinilah acara makrab memulai perannya.

Forum-forum mahasiswa kalbar yang mengikuti acara ini antara lain:

  • Forum Bujang Dare Kayong Ketapang (BEDAYONG)
  • Ikatan Keluarga Besar Kabupaten Sanggau Yogyakarta (IKBKSY)
  • Himpunan Pelajar Mahasiswa Dayak Kapuas Hulu (HPMDKH)
  • Forum Komunikasi Pelajar Mahasiswa Kristiani Sintang (FKPMKS)
  • Forum Komunikasi Pelajar Mahasiswa Melawi (Fokus Mapawi)
  • Forum Pelajar Mahasiswa Kabupaten Bengkayang (FPMKB)
  • Forum Mahasiswa Singkawang (Formasi)
  • Forum Mahasiswa Kabupaten Landak (FORMAKAL)
  • Ikatan Pelajar Mahasiswa Kabupaten Sekadau (IPMKS)
  • Forum Peduli Kalimantan Barat Kalasan (FPKB)
  • Dango Uma (Komunitas Seniman asal Kalimantan ISI Yogyakarta)

Apa saja kegiatan yang dilaksanakan pada makrab kalbar ini? Inilah sekilas tentang acara-acara pokok dalam acara makrab kalbar 2016 di yogyakarta:

1. Pembukaan acara Makrab Kalbar 2016

Acara makrab kalbar resmi dibuka oleh Gubernur Kalbar Drs. Cornelis, M.H yang diwakilkan oleh Ketua Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Pemprov Kalbar, Drs. Aleksius AKim, M.M. Salah satu alumni yaitu DR. Yulianus Kale, S.Hut. M.Si juga turut memberikan salam pembuka kepada peserta makrab.


Setelah acara makrab resmi dibuka oleh Bapak Aleksius Akim maka dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan dari Ketua Sekber kepada Bapak Aleksius Akim.


2. Makan bersama, snack dan coffee break

Setelah mendengarkan pidato yang sangat menarik dari Pak Aleksius Akim dan Alumni, acara di lanjutkan dengan makan bersama. Pada acara makan bersama ini kita bisa berkumpul bersama teman-teman baru, berkenalan dengan orang yang belum kita kenal dan sebagainya.


Sesi untuk makan bersama dan snack di lakukan setelah melakukan kegiatan, waktunya sudah di atur panitia, dan dipastikan bahwa peserta tidak akan kelaparan.

3. Outbond

Outbond adalah salah satu metode acara yang berbentuk permainan/games yang saya sukai jika mengikuti kegiatan makrab, peserta akan dibagikan menjadi beberapa kelompok lalu setiap kelompok akan diperlombakan. Saat bertanding dalam lomba itulah saat-saat yang paling seru dan menyenangkan.


4. Pengenalan forum-forum mahasiswa kalbar (talkshow)

Pada sesi ini, para ketua forum-forum di kalbar memperkenalkan tentang forumnya, sejarah forumnya, apa saja kegiatan dalam forum tersebut, apa saja prestasi dalam forum tersebut, keunikannya dan lain-lain.


5. Acara hiburan (penampilan band dan musik daerah).

Panitia sudah menyiapkan acara hiburan dan band-band yang tampil diacara ini. Tentu saja band-band yang tampil adalah band yang menarik dan sangat menghibur.


Selain itu ada juga penampilan dari band bernuansa musik daerah khas kalimantan barat seperti lagu-lagu hits dayak kalbar. 

6. DJ Performance

Ini adalah sesi acara yang paling ditunggu-tunggu oleh peserta makrab, pada sesi ini peserta akan disuguhi oleh penampilan DJ yang beraksi di panggung.


7. Senam pagi dilanjutkan dengan colour run

Pagi hari para peserta disambut dengan kegiatan yang sehat yaitu senam pagi, setelah selesai senam pagi dilanjutkan dengan colour run, para peserta dapat bersenang-senang pada sesi ini.

 
Selesai acara senam dan colour run peserta diberikan sarapan pagi agar tidak kelaparan dalam melaksanakan kegiatan berikutnya.

8. Kuliah umum 

Kuliah umum pada makrab kalbar bertemakan "Birokrasi Ekonomi Kalbar" yang diberikan oleh Bapak Drs. Henrikus, M.Si, beliau pernah menjabat sebagai Bupati Ketapang Periode 2010-2015. Materi yang diberikan sangat bagus, pengalaman yang diceritakan sangat menginspirasi.

Selain itu salah satu dosen dari kampus Widya Dharma Pontianak juga memberikan materi pada sesi acara kuliah umum ini. Beliau datang bersama Bapak Henrikus.

9. Bersenang-senang

Pada acara makrab kalbar 2016, kegiatan yang dilaksanakan adalah murni sebagai bentuk menjalin keakraban, tidak ada istilah senioritas yang tinggi, tidak ada istilah peloncoan pada peserta, semua sama baik senior maupun junior, semua sama-sama mahasiswa, semua adalah satu daerah, semua adalah satu tanah kelahiran yaitu bumi kalimantan.

Semua kegiatan dari awal adalah bentuk kesenangan yang berikan kepada peserta. Kepuasan para peserta juga dijadikan poin prioritas dalam acara makrab. Peserta senang, panitia senang, para tamu senang, semua senang :)

10. Pulang dengan penuh pengalaman

Itulah beberapa acara pokok dalam makrab kalbar 2016, saya sendiri mengikuti acara makrab ini sebagai peserta, dan banyak sekali pengalaman dan manfaat yang saya dapatkan dari acara ini, selain mendapatkan banyak teman baru dari kabupaten lain di kalbar, juga mendapatkan banyak ilmu serta pengetahuan dari para pejabat pemprov kalbar, dosen, alumni dan senior. 

Mari kita sebagai mahasiswa terus mengembangkan acara-acara seperti ini, hilangkan sifat individualis dalam konsep hidup (konsep yang hanya mementingkan diri sendiri) dan tingkatkan dedikasi akan cita-cita serta kebudayaan kalimantan.

Kami segenap mahasiswa dari kalbar yang sedang menempuh pendidikan di yogyakarta mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Kalbar, Para Donatur serta Alumni, Sponsorship, Media Patner, Para Pengisi Acara, PSM J.C. Oevaang Oeray, Paguyuban Tari J.C. Oevaang Oeray, Forum-forum, dan Para Undangan serta Para Panitia makrab yang sudah menyukseskan acara ini.

Foto dalam artikel ini adalah foto yang diunggah diakun instagram sekber jcoo. Demikian artikel sederhana ini dibuat, mohon maaf jika ada kesalahan pengejaan atau nama yang tidak dicantumkan. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.
Artikel oleh: Erisco Berto (Forum IKBKSY).
Show comments
Hide comments
0 Komentar untuk : Sekilas Tentang Acara Makrab Kalbar 2016 Di Yogyakarta