Jika anda kerap berkenalana dan menjalani dunia web pasti anda pernah mendengar software xampp. Apa itu xampp? Yap, xampp adalah sebuah software yang berguna untuk menjalankan perintah pemograman web seperti html, apache, php, mysql, perl, dll. Sebagai web developers saya rasa kita perlu tahu dan mengenal software yang satu ini, berkat software ini banyak orang yang mengerti akan dasar-dasar pemograman web (termasuk saya sendiri). Yuk, mari kita telusuri lebih jauh tentang xampp.

Menurut wikipedia, XAMPP (/iconˈzæmp/ atau /ˈɛks.æmp/[1]) adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program. Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl.

Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkanya dapat mendownload langsung dari web resminya.

Sejarah Xampp

XAMPP dikembangkan dari sebuah tim proyek yang bernama Apache Friends, terdiri dari Tim Inti (Core Team), Tim Pengembang (Development Team) & Tim Dukungan (Support Team). Sampai saat Apache friend masih mengembangkan aplikasi xampp ini (always update).

Tahukah anda jika masing-masing huruf dari kata Xampp memiliki maknanya tersendiri, seorang pengguna web harus tahu apa arti dari kata Xampp ini, penasaran? mari kita bahas satu persatu.

Huruf X: X dalam bahasa pemograman berarti multi yang artinya bisa digunakan dibanyak sistem operasi oleh karena versi xampp terdapat pada banyak sistem operasi seperti windows, mac, linux, dan solaris.

Huruf A: A dalam kata xampp berarti apache. Tahukah anda apa itu apache? yap, apache adalah salah satu aplikasi web yang sangat terkenal, Tugas utama Apache adalah menghasilkan halaman web yang benar kepada user berdasarkan kode PHP yang dituliskan oleh pembuat halaman web. jika diperlukan juga berdasarkan kode PHP yang dituliskan,maka dapat saja suatu database diakses terlebih dahulu (misalnya dalam MySQL) untuk mendukung halaman web yang dihasilkan.

Huruf M: M adalah untuk mewakili MSQL. Perkembangannya disebut SQL yang merupakan kepanjangan dari Structured Query Language. SQL merupakan bahasa terstruktur yang digunakan untuk mengolah database. MySQL dapat digunakan untuk membuat dan mengelola database beserta isinya. Kita dapat memanfaatkan MySQL untuk menambahkan, mengubah, dan menghapus data yang berada dalam database.

Huruf P (huruf ke-empat): Huruf P dalam xampp berarti php. Dalam xampp struktur utama pemogramannya banyak menggunakan pemograman web php. Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman untuk membuat web yang bersifat server-side scripting. PHP memungkinkan kita untuk membuat halaman web yang bersifat dinamis. Sistem manajemen basis data yang sering digunakan bersama PHP adalah MySQl. namun PHP juga mendukung sistem manajement database Oracle, Microsoft Access, Interbase, d-base, PostgreSQL, dan sebagainya.

Huruf P (huruf terkahir): Huruf P ini mewakili Perl. Perl adalah bahasa pemrograman untuk segala keperluan, dikembangkan pertama kali oleh Larry Wall di mesin Unix. Perl dirilis pertama kali pada tanggal 18 Desember 1987 ditandai dengan keluarnya Perl 1. Pada versi-versi selanjutnya, Perl tersedia pula untuk berbagai sistem operasi varian Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC. Dukungan terhadap pemrograman berbasis objek (object oriented programming/OOP) ditambahkan pada Perl 5, yang pertama kali dirilis pada tanggal 31 Juli 1993. Proyek pengembangan Perl 6 dimulai pada tahun 2000, dan masih berlangsung hingga kini tanpa tanggal yang jelas kapan mau dirilis. Ini dikatakan sendiri oleh Larry Wall[1] dalam satu pidatonya yang dikenal dengan seri The State of the Onion.

Bagian utama dari xampp

Fungsi utama dari xampp adalah bagaimana software ini mampu menjalankan berbagai macam bahasa premograman web terutama cms, pada bagian ini hal yang paling banyak digunakan pada xampp adalah htdocs, folder htdocs ini berfungsi sebagai server/media penyimpanan (hosting) namun dalam bentuk virtual hosting (localhost).


Yang tak kalah pentingnya adalah phpmyadmin pada halaman ini pengguna xampp akan membuat database baru berupa mysql yang berguna untuk menyimpan database.


Selain itu kontrol panel utama xampp adalah bagian terpenting karena tanpanya xampp tidak akan berjalan.


Dengan xampp kita bisa membuat berbagai macam project website seperti menginstal cms wordpress, atau cms prestashop, dll. Berikut ini adalah proses Instalasi Xampp dan Pembuatan Database dan Cara menginstal Cms di software xampp. Silahkan klik pada judul artikel di bawah ini:

Hal-Hal Yang Perlu Dipelajari Sebelum Membuat Website
Cara Instalasi Xampp Dan Membuat Database Baru
Cara Menginstal Cms Wordpress Di Xampp

Itulah sekilas pengertian dan fungsi dari software xampp. Semoga artikel yang saya tulis ini dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.
Show comments
Hide comments
0 Komentar untuk : Pengertian Dan Fungsi Xampp